Tips Membuat Anak-anak Mencintai Olah Raga

Tips Membuat Anak-anak Mencintai Olah Raga

Anak-anak perlu berolah raga tiap hari. Masalahnya, membuat mereka melakukan aktivitas fisik sering sulit dilakukan. Bagaimana caranya  agar anak-anak berolah raga dan menikmatinya?

Lakukan Bersama
Makan malam sudah selesai. Jangan langsung ke ruang keluarga untuk menonton TV, tapi ajak keluarga berjalan-jalan. Sekarang bukan waktu untuk membicarakan nilai sekolah  atau pekerjaan rumah. Buat percakapan yang ringan dan menyenangkan. Ini menyenangkan untuk semua orang, Anda semua akan ingin mengulanginya  lagi.

Usahakan melakukan olah raga satu jam sehari
Anak-anak perlu bergerak selama 60 menit dalam sehari dan merupakan gabungan dari:
  • Aerobik (lari atau jalan cepat)
  • Penguatan otot (push-up)
  • Penguatan tulang (lompat tali)

Latihan 1 jam ini tidak harus dilakukan sekaligus. Bagilah menjadi beberapa kali dalam sehari. Anak-anak dapat berjalan sejenak sesudah pulang sekolah, bermain di halaman atau taman.

Gunakan alat penghitung langkah

Anak-anak suka gadgets. Alat penghitung langkah (pedometer) dapat memotivasi mereka bergerak lebih banyak. Belilah pedometer untuk tiap orang. Gunakan tantangan kecil untuk mendorong mereka bergerak sepanjang hari. Berapa langkah ke tiang listrik itu? Berapa waktu untuk berjalan 100 langkah? Tantang anak-anak berlomba atau memecahkan rekor lama mereka sendiri.

Cari alat olah raga yang menyenangkan

Aktivitas fisik tidak harus dilakukan dengan kompetisi dan Anda tidak membutuhkan alat olah raga khusus yang mahal. Alat olah raga sederhana seperti tali untuk lompat tali atau bola pantai yang ditiup saja sudah cukup. Sediakan berbagai alat untuk bermain di luar rumah, letakkan di tempat tersembunyi, dan keluarkan ketika anak-anak tampak bosan.

Pemandangan yang indah

Tampaknya sederhana, tapi kadang-kadang kita perlu memilih lokasi yang tepat. Ajak anal-anak ke taman bermain atau gelanggang olah raga. Ajak mereka piknik bersama beberapa teman. Anda tidak perlu berbuat banyak untuk membuat anak-anak bergerak. Mereka akan terinspirasi dengan keadaan di sekitar atau anak-anak yang lain.

Kursus

Kursus seperti  bela diri, tari atau yoga dapat menjadi cara yang baik untuk membuat anak-anak menyukai aktivitas fisik.
Kunjungi beberapa tempat kursus untuk melihat-lihat. Biarkan anak-anak memilih aktivitas yang mereka sukai, baru Anda daftarkan mereka. Dengan demikian, Anda tahu bahwa uang Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Buatlah menjadi aktivitas yang menyenangkan

Anak-anak tidak selalu harus “berolah raga”. Ajak anak bergerak dengan balapan sampai ke rumah, berkebun, berjalan ke perpustakaan atau ajak anak berbelanja ke pasar atau supermarket. Buatlah menjadi bagian menyenangkan dari kehidupan sehari-hari mereka, bukan sesuatu yang “harus” mereka lakukan.

Berikan dorongan

Hal ini mungkin membutuhkan waktu. Bila anak-anak Anda tidak langsung menyukai olah raga, jangan menyerah. Pujilah apa yang mereka lakukan. Bantu mereka mencoba aktivitas yang tidak memerlukan kompetisi seperti hiking atau bersepeda. Kuncinya adalah membantu mereka menemukan elemen mereka. Coba berbagai jenis olah raga dan aktivitas. Bantu anak-anak Anda melihat bahwa aktivitas fisik adalah untuk semua orang.

Temukan minat Anda

Bila Anda ingin anak-anak berolah raga, tentu akan membantu bila Anda juga melakukannya. Bila mereka melihat Anda bergerak, mereka akan tahu bahwa itu adalah bagian hidup yang penting dan nomal, itu akan sangat menyenangkan. Jadi, temukan aktivitas yang benar-benar Anda sukai. Kemudian, ajak anak-anak serta.

Selipkan di antara aktivitas lain

Misalnya, ketika pergi ke mall, cari tempat parkir yang cukup jauh dari pintu masuk mall. Pilih  menggunakan tangga, jangan elevator. Ajak anak balapan membereskan mainan mereka.

Memanfatkan kesempatan untuk berjalanm, lari, melompat dan bermain akan membuat aktivitas fisik menjadi kebiasaan sehari-hari.


Sumber: http://www.webmd.com/parentin
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar