Apakah Bayi Anda Sudah Siap Menerima Makanan Padat?

Apakah Bayi Anda Sudah Siap Menerima Makanan Padat?

Bayi dianjurkan mengkonsumsi ASI eksklusif dari lahir hingga usia 6 bulan, tapi Dr. Alan Greene menganjurkan untuk mulai mengenalkan makanan padat mulai usia 4 bulan. Sebelum itu, sistem pencernaan bayi  hanya dapat mencerna apa pun selain ASI atau susu formula. Kebutuhan nutrisi bayi dapat dicukupi dengan ASI atau susu formula.

Pada usia  4 bulan, bayi dapat diperkenalkan dengan rasa dan teksture makanan padat. Jangan lupa tetap memberikan ASI atau susu formula walaupun bayi Anda sudah mengkonsumsi makanan padat. ASI atau susu formula harus tetap diberikan sampai bayi berusia 1 tahun.

Kapan Anda dapat mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi?  Dr. Greene menyarankan  Anda melihat bayi Anda dan bukan kalender. 

Perhatikan tahap perkembangan bayi Anda pada usia 4-6 bulan:
  • Bayi sudah dapat duduk atau mulai duduk. Bayi dapat duduk tegak dengan penyangga. Bayi juga sudah dapat mempertahankan kepalanya tetap tegak.
  • Bayi sudah dapat mengkordinasikan semua otot-otot yang dibutuhkan untuk menelan. Bayi sudah kehilangan extrusion reflex yaitu refleks untuk menggunakan lidah mendorong makanan keluar dari mulutnya.  
  • Gerakan mengunyah. Mulut dan lidah bayi berkembang sejalan dengan sistem pencernaannya. Untuk mulai makan makanan padat, bayi harus dapat memindahkan makanan ke bagian belakang mulut dan menelan. Ketika bayi belajar menelan dengan baik, bayi akan lebih sedikit mengeluarkan air ludah, kecuali sedang tumbuh gigi.  
  • Bayi menunjukkan minat untuk makan dengan bahasa tubuh. Misalnya bayi memperhatikan ketika Anda menyuap makanan atau rewel dan bergerak-gerak ingin mengambil mangkuk atau sendok Anda.  
  • Bayi tampak lapar walaupun Anda sudah memberikan cukup ASI atau susu fomula. Hal ini sering dimulai ketika bayi mencapai berat badan 2 kali dari berat badannya ketika ia lahir. 
Pada usia ini penglihatan bayi terutama pada benda warna-warni menjadi lebih kuat. Anda dapat melihat bayi Anda memperhatikan Anda memasukkan makanan berwarna-warni ke mulut Anda. Ini kunci pada tahap perkembangan ini. Ketika Anda mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi, ingatlah bahwa Dr. Greene mengatakan tentang kebiasaan makan bayi di masa mendatang, bahwa pada usia 4 bulan bayi memperhatikan apa yang dimakan orang yang lebih besar dan mengingatnya. Bayi mungkin akan memakannya bila mereka melihat orang tuanya memakan makanan itu walaupun hanya sekali. Anda dapat memberi contoh yang baik untuk membentuk kebiasaan makan yang baik.

Bagaimana mengenalkan makanan padat kepada bayi?
Pertama, berikan ASI atau susu formula kemudian berikan satu atau dua sendok teh makanan yang sudah dihaluskan atau dijadikan puree. Gunakan sendok plastik yang lunak. Jangan mencampurkan puree atau cereal ke dalam susu formula karena bayi dapat menghubungkan belajar bahwa makan harus dilakukan dengan duduk dan menggunakan sendok. Bila bayi tidak terlalu tertarik dengan makanannya, ambil sedikit makanan dengan ujung sendok dan dekatkan ke hidung bayi agar ia bisa mencium aromanya. Cara memperkenalkanmakanan padat pertama kali adalah, berikan ASI atau susu formula kemudian berikan satu atau dua sendok teh makanan yang sudah dihaluskan atau dijadikan puree. Gunakan sendok plastik yang lunak. Jangan mencampurkan puree atau cereal ke dalam susu formula karena bayi dapat menghubungkan belajar bahwa makan harus dilakukan dengan duduk dan menggunakan sendok. Bila bayi tidak terlalu tertarik dengan makanannya, ambil sedikit makanan dengan ujung sendok dan dekatkan ke hidung bayi agar ia bisa mencium aromanya sehingga timbul seleranya untuk makan.

Apa tandanya bayi merasa kenyang?
Selera makan bayi bervariasi dari satu waktu ke waktu, sehingga memperkirakan makanan yang sudah dimakan tidak dapat menunjukkan bahwa bayi sudah kenyang. Berikut ini tanda-tanda bahwa bayi merasa kenyang:
  • Bayi menyandar di kursinya
  • Membuang muka ketika Anda menyuapkan makanan
  • Mulai bermain dengan sendok
  • Tidak mau membuka mulutnya ketika disuapi (perhatikan, apakah bayi sudah menelan makanan yang disuapkan sebelumnya. Beri bayi waktu untuk menelan makanannya.)


Apakah saya harus tetap memberikan ASI atau susu formula?
Ya. Bayi tetap membutuhkan ASI atau susu formula sampai berumur 1 tahun. ASI dan susu formula memberi vitamin penting, zat besi dan protein dalam bentuk yang mudah dicerna. Makanan padat tidak dapat menggantikan semua zat gizi yang ada di ASI atau susu formula pada tahun pertama bayi. perhatikan  jumlah ASI atau susu formula yang diperlukan bayi setelah mulai makan makanan padat.

Bagaimana mengenalkan makanan baru kepada bayi?

Perkenalkan makanan padat lainnya satu per satu secara bertahap, berikan jarak sedikitnya tiga hari setelah tiap makanan baru. dengan demikian Anda mempunyai waktu seandainya bayi Anda mengalami reaksi alergi pada salah satu makanan barunya (gejala yang timbul mungkin diare, muntah, wajah bengkak, nafas berbunyi atau ruam). Bila bayi Anda memiliki riwayat alergi dalam keluarga atau bayi mengalami eaksi alergi dalam proses ini, beri waktu selama semingggu sebelum mengenalkan makanan baru.

Bicarakan dengan dokter anak Anda makanan yang akan diperkenalkan ke bayi Anda dan kapan Anda akan memperkenalkannya. Dokter mungkin akan menyarankan agar Anda tidak memberikan makanan yang dapat menimbulkan alergi seperti kedelai, produk susu , telur, gandum, ikan dan kacang-kacangan.
Makanan padat yang Anda berikan seharusnya seperti ini:
  • Makanan yang dihaluskan atau makanan semi cair
  • Makanan yang disaring atau dilumatkan
  • Makanan berukuran kecil atau finger foods

Jika Anda memberikan cereal kepada bayi, campurkan beberapa sendok makan sayuran dan buah dalam cereal. Semua makanan harus dibuat sangat halus. Pada usia ini, bayi akan menekankan makanan ke langit-langit mulut dan kemudian menelannya.

Jika bayi menolak makanan tertentu, jangan memaksa.  Cobalah lagi lain kali. Bayi mungkin memang tidak menyukai makanan itu, atau bisa jadi ia berubah pikiran nantinya, dan menyukainya
Perubahan dari hanya ASI atau susu formula ke tambahan makanan padat  akan mengubah warna dan bau kotoran bayi. Hal ini normal. Jika kotoran bayi keras (cereal atau pisang dapat menyebabkan konstipasi), ganti dengan sayuran dan buah lain. Berikan air minum dengan sippy cup untuk mencegah konstipasi.

Berapa kali dalam sehari bayi harus diberi makanan padat?

Pada awalnya berikan satu kali saja makanan padat dalam sehari. Pada usia 6-7 bulan, dua kali makan adalah normal. Pada usia 8 bulan, bayi perlu makan 3 kali sehari. Makanan untuk bayi 8 bulan umumnya merupakan kombinasi dari:

ASI atau susu formula
  • Cereal yang mengandung zat besi
  • Sayur berwarna kuning, jingga dan hijau
  • Buah-buahan
  • Sejumlah kecil protein misalnya daging unggas, tahu dan daging


Makanan di bawah ini sebaiknya dihindari
Madu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena dapat menimbulkan keracunan makanan pada anak di bawah usia 1 tahun. Bayi juga sebaiknya tidak minum susu sapi atau susu kedelai sebelum berusia 1 tahun.


Sumber: http://www.plumorganics.com/resource_center/baby-ready-solids
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar