Kotbah Nasarudin Hoja

Kotbah Nasarudin Hoja


Pada suatu hari Nasarudin Hoja diundang untuk menyampaikan sebuah kotbah. Ketika ia bertemu dengan jemaah Hoja berkata, “Tahukah kamu apa yang akan kukatakan?” Jemaah menjawab “Tidak.” Kemudian Hoja Mengumumkan, “Aku tidak ingin berbicara kepada orang yang tidak tahu apa yang akan kukatakan.” Lalu ia pergi begitu saja.

Orang-orang itu merasa malu dan mengundang Hoja lagi keesokan harinya. Kali ini ketika Hoja mengjukan pertanyaan yang sama, mereka menjawab bahwa mereka sudah tahu. Hoja berkata, “Karena kalian sudah tahu apa yang ingin kukatakan, aku tidak perlu membuang waktu kalian lagi.” Hoja pun meninggalkan mereka.

Sekarang orang-orang itu benar-benar merasa bingung. Mereka memutuskan untuk  mengundang Hoja sekali lagi minggu berikutnya. Sekali lagi Hoja menanyakan hal yang sama, “Kalian tahu apa yang akan kukatakan?” Sekarang setengah dari jemaah mengatakan “Ya” sedangkan sisanya mengatakan “Tidak.” Hoja menjawab ,”Kalau begitu kalian yang sudah tahu bisa memberi tahu kalian yang belum tahu.” Hoja pun pergi.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar