Bercerita Tanpa Buku Cerita

Bercerita Tanpa Buku Cerita



Membacakan cerita untuk anak meningkatkan banyak bidang penting dalam perkembangan anak usia dini misalnya pengenalan kata-kata baru, repetisi, memori, pengucapan kata dan yang paling penting, menciptakan kelekatan khusus antara Anda dan anak.

Anda mungkin tidak dapat menemukan buku cerita yang sesuai, tetapi sebetulnya Anda tidak harus menggunakan sebuah buku secara fisik. Anda dapat mengarang sendiri cerita Anda dan meceritakaannya kepada anak Anda.

Bagaimana Anda dapat  menciptakan sebuah cerita? Anda tentu masih ingat mengarang cerita pada masa sekolah dulu.  Ciptakan sebuah tokoh, seorang anak laki-laki atau perempuan,  atau seorang dewasa atau seekor hewan. Kemudian pikirkan alur cerita, di mana cerita terjadi? Apa yang dialami tokoh Anda? Bagaimana perasaannya? Mengapa hal ini terjadi? Apakah cerita Anda mengandung moral atau pengajaran? Banyak hal yang dapat Anda masukkan ke cerita Anda. Buatlah catatan-catatan yang akan membantu Anda .
Sekarang Anda dapat mencoba bercerita dangan kata-kata sendiri. Jangan menghafal cerita, tapi ingatlah beberapa hal penting dalam cerita itu sebagai panduan.   Ceritakan cerita Anda sealami mungkin.  Anda dapat berlatih di depan cermin untuk melihat di mana Anda dapat menambahkan emosi, misalnya tawa, kesedihan, kemarahan dsb.  Gunakan nada suara sebagai alat untuk membedakan suasana, emosi atau membedakan tokoh. Misalnya suara lembut dan terbata-bata untuk menggambarkan tokoh yang sedang ketakutan, suara yang keras ketika tokoh sedang marah dsb. Gunakan imajinasi Anda. Anda dapat menggunakan boneka atau alat lain untuk menghidupkan cerita Anda.

Pada kesempatan pertama, wajar bila Anda kurang lancar bercerita. Tapi kesempatan berikutnya akan lebih mudah bagi Anda. Makin sering Anda bercerita dan mengarang cerita Anda akan menjadi lebih mahir. Bila Anda mengalami kesulitan, biarkan anak-anak ikut berpartisipasi dalam permainans menebak secara interaktif. Bukan saja aksn menciptakan cara bercerita yang unik tapi anak-anak akan manyukainya.



SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar