Mengapa Kucing Selalu Mengejar Tikus?

Mengapa Kucing Selalu Mengejar Tikus?


Raja Ansa adalah raja Calabar yang memerintah selama lima puiuh tahun. Ia mempunyai seekor kucing yang setia sebagai penjaga gudang dan seekor tikus sebagai pembantunya.

Tikus itu jatuh cinta kepada seorang gadis pelayan raja. Ia tidak dapat memberi hadiah kepada gadis itu karena ia miskin dan tidak mempunyai uang. Pada suatu hari ia  membuat lubang pada atap  gudang sehingga ia dapat masuk. Tikus itu mencuri jagung dan buah-buahan dan memberikannya  kepada kekasihnya.

Pada akhir bulan itu, ketika kucing melaporkan catatannya kepada raja, diketahui bahwa cukup banyak jagung dan buah-buahan yang hilang dari gudang. Raja sangat marah dan minta si kucing nenjelaskan. Tapi kucing tidak tahu bagaimana persediaan itu bisa hilang, hingga salah satu temannya berkata bahwa tikuslah yang mencuri di gudang dan memberikan barang curiannya kepada kekasihnya.

Ketika kucing melaporkan kejadian itu kepada raja, raja  memanggil gadis pelayan itu dan memerintahkan hukuman cambuk untuknya. Sementara itu raja menyerahkan tikus kepada kucing untuk dihukum dan ia memecat kucing dan tikus.  Kucing sangat marah kepada tikus sehingga ia langsung menerkam dan membunuh tikus. Sejak saat itu kucing selalu mengejar tikus dan berusaha membunuhnya.



Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar