Kisah Tiga Ikan

Kisah Tiga Ikan



Di sebuah kolam terletak jauh dari jalan raya, hiduplah tiga ekor ikan dengan damai dan bahagia. Salah seekor ikan selalu akalnya, ikan kedua kadang-kadang menggunakan akal sehatnya, sedangkan ikan ketiga tidak pernah menggunakan akal sehatnya. Pada suatu hari dua orang nelayan datang ke kolam itu dan melihat ketga ikan itu yang besar dan gemuk.

 “Cepat, ayo  mengambil jala di rumah!" kata mereka “Tangkapan bagus.”

Ketika ketiga ikan mendengar berita itu, mereka ketakutan. Tak lama kemudian,  ikan yang selalu menggunakan akalnya langsung menemukan  apa yang harus dilakukannya. Tanpa bicara kepada saudara-saudaranya, ia segera berenang ke jalan keluar kolam dan keluar dari bahaya.

Para nelayan segera kemballi  ke kolam. Mereka melihat bahwa salah satu ikan sudah menghilang. Mereka juga melihat jalan keluar dari kolam dan segera menutupnya. Sekarang ikan-ikan itu tidak dapat melarikan diri lagi.

Dengan putus asa, ikan yang kadang-kadang menggunakan akalnya, pura-pura mati dan mengapung di permukaan air.  Para nelayan mengambil dan memeriksannya. Mereka melemparkannya kembali ke kolam karena mereka kira ia sudah mati. 

Sementara ikan yang tak pernah menggunakan akalnya meyelam ke dasar kolam dimana ia mudah ditangkap.,  dan hari itu juga ia disajikan di meja makan sang raja.


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar